Tips Aman Berkendara

tips aman berkendaraan.jpg
tips aman berkendaraan.jpg

press to zoom
tips aman berkendaraan.jpg
tips aman berkendaraan.jpg

press to zoom
1/1

26 Agustus 2022

Smart Drivers, dalam berkendara kita harus tetap waspada dan juga hati-hati. Selain melengkapi seluruh dokumen untuk berkendara, kita juga perlu untuk mematuhi seluruh aturan lalu lintas yang ada.

Berikut kami rangkum beberapa tips berkendara yang aman :

  1. Sebelum berkendara, ada baiknya Smart Drivers melakukan pengecekan terhadap rem atau ban agar dapat mencegah semisal terjadi kebocoran terhadap ban.

  2. Smart Drivers juga perlu untuk memperhatikan dan memahami sinyal pada dashboard mobil. Di dashboard mobil biasanya terdapat sekitar 64 jenis simbol dan untuk setiap pengertian simbol tersebut dapat Smart Drivers baca pada buku panduan.

  3. Pastikan tidak ada bau menyengat atau asing yang ditimbulkan dari mesin atau dalam mobil. Contohnya seperti bau karpet terbakar, biasanya itu menandakan bahwa bantalan rem terlalu panas. Bau lainnya misalnya seperti bau minyak panas, kemungkinan ini terjadi karena adanya tumpahan oli. Dan contoh terakhir adalah bau seperti telur basi, hal ini disebabkan oleh konverter katalitik yang nantinya dapat berpengaruh pada mesin mobil.

  4. Kaca depan mobil dipastikan jangan sampai rusak, karena dapat mempengaruhi pandangan saat berkendara.

  5. Tetap menjaga jarak dengan kendaraan lain.

  6. Gunakan seat belt (sabuk pengaman) dan jangan menggunakan handphone atau ponsel saat berkendara.

  7. Tetap patuhi rambu dan aturan lalu lintas.

  8. Menyalip kendaraan melalui jalur kanan sesuai dengan aturan Undang-Undang Transportasi, yang bertujuan untuk menghindari kecelakaan dan kemacetan.

  9. Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi diluar batas maksimum.

  10. Jika Smart Drivers berkendara saat hari sudah mulai gelap atau malam hari, pastikan lampu mobil tetap menyala dengan jarak pandang maksimum.

Itu dia beberapa tips aman berkendara yang bisa dijadikan pedoman jika ingin berkendara. Terus patuhi dan tetap waspada saat dalam perjalanan ya Smart Drivers.