Selepas Ganti Ban, Jangan Lupa Balancing

( 34 ) Selepas Ganti Ban, Jangan Lupa Balancing.jpg
( 34 ) Selepas Ganti Ban, Jangan Lupa Balancing.jpg

press to zoom
( 34 ) Selepas Ganti Ban, Jangan Lupa Balancing.jpg
( 34 ) Selepas Ganti Ban, Jangan Lupa Balancing.jpg

press to zoom
1/1

4 November 2022

Mengganti ban adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kondisi prima dari kendaraan. Idealnya, mengganti ban mobil adalah sekitar 3 tahun. Saat tepat waktu mengganti ban, maka hal tersebut juga dapat mempengaruhi kinerja optimal dari ban dan juga komponen lainnya yang berkaitan.


Namun ternyata penting juga untuk tetap melakukan balancing, ketika selesai melakukan pergantian ban. Balancing berguna untuk menyeimbangkan kombinasi berat ban dan velg agar putaran roda tetap lurus. Jika roda berputar pada permukaan jalan, roda akan menyalurkan gaya serta torsi pada sumbunya.


Selain itu, balancing juga memastikan agar beban tiap velg dan ban terdistribusi dengan baik dan merata di seluruh lingkar ban dan velg. Jika semua sudah terpenuhi dan sempurna, maka ban akan berputar dengan sempurna secara rata, awet dan menambah kenyamanan dalam perjalanan.


Lalu, kenapa sih perlu untuk melakukan balancing seusai mengganti ban? Jawabannya adalah untuk memastikan bahwa ban akan bertahan lama dan dapat menyesuaikan juga dengan ban yang baru saat diganti. Penyesuaian ini sangatlah penting, karena bobot atau beban pada tiap ban berbeda-beda. Maka dari itu, penting untuk melakukan balancing, seusai mengganti ban pada kendaraan.


Proses balancing juga dapat Smart Driver lakukan di seluruh workshop Jantrakakikaki terdekat. Yuk, lebih memperhatikan kondisi kaki-kaki mobil agar tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam bekendara ya Smart Driver!