Penyebab Shock Breaker Bocor dan Solusinya

SHOCK BREAKER BOCOR.jpg
SHOCK BREAKER BOCOR.jpg

press to zoom
SHOCK BREAKER BOCOR.jpg
SHOCK BREAKER BOCOR.jpg

press to zoom
1/1

Posted on

19 Mei 2021

Kenyamanan dan keamanan saat berkendara sangatlah penting, jangan sampai menyepelekan bagian kecil kerusakan. Salah satunya adalah shockbreaker, shockbreaker bisa bocor dan akhirnya mengganggu kenyamanan dalam berkendara? Mengapa shockbreaker bisa bocor dan apa sih solusinya untuk mengatasinya?

Fungsi shockbreaker membuat pengendara merasa nyaman, tanpa adanya shockbreaker berkendara akan seperti menaiki gerobak yang tidak memiliki shockbreaker.
Secara umum terdapat dua jenis shockbreaker, yakni oli dan gas. Saat ini masih banyak kendaraan yang menggunakan shockbreaker oli. Salah satu masalah yang sering dihadapi shockbreaker oli adalah keluarnya oli dari sela-sela seal.

Kebocoran shockbreaker bisa dikarenakan kalian mengendarai dengan cara yang tidak benar (ugal-ugalan) atau selalu melalui medan yang berlubang sehingga dapat menjadi penyebab rusaknya bagian transmisi mobil yaitu shockbreaker yang menjadi bocor. Penyebab lain bisa karena shockbreaker sudah bengkok atau tergores akibat tabrakan ataupun benturan dengan sesuatu, mengenai penyebab shockbreaker bocor antara lain :


Upper mounting tidak terpasang dengan baik

Meskipun sudah memiliki alas, akan tetap bagian upper mounting (bagian atas shockbreaker) ini tetap harus dipasang dengan sempurna. Pemasangan yang sempurna ini bertujuan agar shockbreaker dapat bekerja normal dan tidak melebihi beban normal kerja. Sedangkan pemasangan upper mounting yang tidak pas dapat menjadikan shockbreaker menjadi bekerja melebihi beban normal yang seharusnya, sehingga berkemungkinan menjadi cepat rusak.


Kotoran yang menempel

Juga dapat menjadi penyebab shockbreaker pada mobil bocor, pasalnya kotoran yang menempel pada bagian as shockbreaker ini bisa menyebabkan seal karet menjadi sobek dan menjadikan oil bocor melalui sela karet yang sobek.


Muatan mobil yang selalu melebihi batas anjuran

Apalagi dengan melalui jalanan rusak yang mengharuskan mobil bekerja keras untuk bisa melewati medan tersebut.


Ban mobil yang sudah aus 

Juga sering kali menjadi penyebab shockbreaker pada mobil rusak, karena ketika ban mobil aus mobil akan sulit di menjaga keseimbangan ketika berbelok.


Memaksakan setir mobil berputar melebihi batas

Juga dapat menjadi penyebab shockbreaker pada mobil rusak. Terlebih lagi jika mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi.


Setelah mengetahui penyebab shockbreaker bisa menjadi bocor, Kalian pun harus mengetahui solusinya ketika hal itu sudah terjadi. Beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Bila shockbreakernya hanya mengalami masalah pada sealnya, bisa hanya mengganti sealnya saja dan tentunya juga Anda mengganti oli shockbreakernya untuk mengantisipasi oli shockbreakernya yang kotor atau kuantitas yang telah berkurang.

  • Saat melakukan pengisian oli shockbreaker perhatikan kuantitasnya. Sesuaikan jumlah oli shockbreaker yang isikan dengan spesifikasinya. gunakan jumlah oli shockbreaker yang akan diisi dengan menggunakan gelas ukur. Shockbreaker kanan dan kiri harus diisi oli dengan jumlah yang sama.

  • Namun jika dinding tabung shockbreaker sudah mengalami goresan maka langkah yang paling tepat yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti shockbreaker dengan yang baru. Jika dipaksakan dengan tidak mengganti maka kinerja shockbreaker tidak akan bekerja dengan maksimal.


Janganlah menyepelekan hal-hal kecil yang terjadi pada kendaraan, usahakan untuk selalu rutin melakukan perawatan. Kalau memang merasa kurang paham, bawalah kendaraan ke workshop www.jantrakakikaki.com.