top of page

Penyebab Kemudi Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

(47) Kemudi Bergetar Saat Kecepatan Tinggi Ini Penyebabnya.jpg
(47) Kemudi Bergetar Saat Kecepatan Tinggi Ini Penyebabnya.jpg

press to zoom
(47) Kemudi Bergetar Saat Kecepatan Tinggi Ini Penyebabnya.jpg
(47) Kemudi Bergetar Saat Kecepatan Tinggi Ini Penyebabnya.jpg

press to zoom
1/1

20 Desember 2022

Pernah gak sih Smart Driver merasakan kemudi bergetar, terutama saat melaju pada kecepatan tinggi? Berikut adalah penyebab kemudi bergetar di kecepatan tinggi :

1. Ban Mobil

Ban mobil yang tidak seimbang juga dapat menjadi salah satu penyebab dari bergetarnya kemudi. Kondisi ban mobil yang tidak seimbang, contohnya seperti terlalu kecil atau tidak dalam kondisi yang standart, hingga jumlah angin dalam ban yang tidak merata.

2. Spooring & Balancing

Jarang atau bahkan tidak pernah melakukan spooring & balancing adalah salah satu penyebab kemudi bisa bermasalah. Idealnya spooring & balancing dilakukan di 10.000 km pertama untuk menghindari kerusakan pada seluruh komponen kaki-kaki mobil. Ban mobil yang tidak pernah mendapatkan treatment spooring & balancing juga akan mempengaruhi kinerja dari sistem kemudi, yang nantinya menyebabkan kemudi bergetar dan tidak stabil.

3. Bearing

Bearing yang aus dapat menyebabkan komponen pada mobil menjadi tidak dapat bekerja secara optimal. Bearing berguna untuk menyangga beban mobil, jika terjadi permasalahan pada bearing, maka komponen lainnya seperti joint, bushing arm, dan tie rod dapat menjadi bermasalah, yang mempengaruhi kinerja dari sistem kemudi.

4. Setelan Mobil

Setelan mobil yang tidak pas dapat berpengaruh pada sistem kemudi yang bergetar. Untuk melihat setelan mesin yang tidak pas, Smart Driver dapat melihatnya pada pergerakan revolutions per minute (RPM). Jika RPM bergerak secara tidak stabil, itu artinya terdapat kesalahan pada setelan mesin mobil dan nantinya jika tidak segera diperbaiki, maka akan berpengaruh pada komponen mobil lain, salah satunya adalah sistem kemudi.


Itu dia salah satu penyebab getaran pada sistem kemudi. Untuk Smart Driver yang memiliki permasalahan pada komponen kaki-kaki mobil, Smart Driver dapat membawanya ke workshop Jantrakakikaki yang sekarang sudah tersebar di Jawa & Bali. Segera percayakan permasalahan kaki-kaki mobil hanya di Jantrakakikaki.


bottom of page