Mobil Jaman Dulu VS Mobil Jaman Now

( 04 ) Mobil Jaman Dulu VS Mobil Jaman Sekarang.jpg
( 04 ) Mobil Jaman Dulu VS Mobil Jaman Sekarang.jpg

press to zoom
( 04 ) Mobil Jaman Dulu VS Mobil Jaman Sekarang.jpg
( 04 ) Mobil Jaman Dulu VS Mobil Jaman Sekarang.jpg

press to zoom
1/1

Posted on

22 Juli 2022

Gak cuma teknologi elektronik yang berubah di setiap masanya, mobil juga terus berubah seiring perkembangan jaman yang ada. Semakin maju jaman, maka semakin maju juga teknologi yang diterapkan pada mobil Smart Drivers. Berikut dirangkum beberapa perbedaan antara mobil di jaman dulu dan di jaman sekarang :

1.    Tampilan

Tampilan mobil jaman dulu rata-rata tidak memiliki variasi bentuk. Jadi kebanyakan hanya berbentuk kotak. Namun sekarang, kita dapat menemukan berbagai macam model dan bentuk mobil yang lebih variatif. Di jaman dulu, bumper pada mobil terbuat dari besi, sedangkan di jaman sekarang lebih banyak menggunakan bahan yang dilapisi plastik atau fiber.

2.    Manual dan Matic

Sama halnya dengan sepeda motor, mobil juga mengalami perkembangan dari mobil manual hingga sekarang terdapat pilihan mobil matic. Mobil manual memiliki lima gigi untuk melaju ke depan dan satu ke belakang. Namun, mobil matic memiliki versi yang lebih sederhana, karena semua sudah diatur secara otomatis.

3.    Listrik

Mobil jaman dulu menggunakan sistem listrik di bagian elektrik starter dan lampu. Karena perkembangan jaman, mobil juga jauh lebih berkembang. Awalnya, fuel injection mulai diperkenalkan dan dikembangkan di awal tahun 1960an. Electronic control unit dan sensor bisa memantau performa mesin, lalu diatur secara langsung secara efisien.

4.    Fender

Fender adalah komponen yang ada di setiap kendaraan. Fungsinya sebagai penutup roda depan dan belakang. Di jaman dulu fender pada mobil masih terbuka, sehingga suara roda dan getaran masih terasa. Di jaman sekarang, fender pada mobil menjadi ditutup. Hal ini menyebabkan mobil di jaman sekarang memiliki sisi aerodinamis sebuah mobil menjadi membaik, suara dan getaran menjadi berkurang.

5.    GPS (Global Positioning System)

Tidak hanya di ponsel, mobil juga bisa menggunakan navigasi dari GPS untuk mencari tahu posisi atau lokasi lain berdasarkan alamat yang diberikan. Di jaman sekarang, tentunya teknologi ini juga mempermudah para pengemudi ketika hendak berkendara.


Itu dia beberapa contoh perkembangan mobil di setiap masanya. Smart Drivers lebih suka mobil versi yang mana nih?