Mengenal Istilah-Istilah Pada Mobil

Mengenal Istilah - Istilah Pada Mobil (1).jpg
Mengenal Istilah - Istilah Pada Mobil (1).jpg

press to zoom
Mengenal Istilah - Istilah Pada Mobil (1).jpg
Mengenal Istilah - Istilah Pada Mobil (1).jpg

press to zoom
1/1

12 Juli 2022

     Smart Drivers, dalam dunia otomotif mobil banyak sekali dijumpai bahasa atau istilah yang mungkin awam untuk kita pahami. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bahasa atau istilah pada mobil beserta artinya :

1.  Horsepower (Satuan Tenaga Kuda)

Horsepower atau yang biasa dikenal dengan Satuan Tenaga Kuda menjadi salah satu pengukuran daya mesin. Contohnya untuk mengukur daya mesin kendaraan dihitung dengan satu horsepower sama seperti 735,5 – 745,7 watt. Hal ini dikarenakan, hitungan satu horsepower memiliki daya besar untuk dijadikan sumber energi. Maka, semakin tinggi horsepower pada satu kendaraan, semakin cepat kendaraan tersebut melaju. Selain itu, istilah horsepower juga digunakan saat kita melihat spesifikasi dari kendaraan tersebut.

2. Mileage (Jarak Tempuh)

Mileage atau jarak tempuh biasanya diartikan pada jarak yang dibutuhkan oleh kendaraan untuk bergerak dengan menggunakan bahan bakar sebagai 1 liter. Cara agar bisa memastikan jarak kilometer tersebut rendah atau tinggi biasanya tergantung pada umur mobil tersebut.

3.  Nomor Rangka Kendaraan

Tidak hanya manusia yang dapat memiliki nomor induk, namun kendaraan juga memiliki Nomor Identifikasi Kendaraan atau NIK. Nomor ini biasanya terdiri dari 17 karakter, untuk huruf dan angka dianggap sebagai kode produksi mobil. Didalam NIK ini menyimpan informasi seperti, catatan sejarah mobil, lokasi pembuatan, serta  spesifikasi mobil tersebut ini. Nomor ini terletak di bagian pintu pengemudi, dasbor dan bagian bawah kursi penumpang depan.

4.  Penyaring Udara

Penyaring udara atau filter udara menjadi salah satu komponen penting dalam mobil. Fungsinya adalah untuk menyaring udara dari air ke ruang pembakaran. Udara tidak akan bisa masuk, jika nantinya filter atau penyaring udara ini sudah penuh dengan kotoran dan akan mempengaruhi kinerja mesin secara keselurahan.

5.  Viskositas Oli

Viskositas oli memiliki peran yang penting untuk menjaga kondisi mesin kendaraan. Viskositas oli juga diklasifikasikan berdasarkan tingkat dari kekentalan oli tersebut dan berpengaruh pada efiensinya dalam penuangan di suhu tersebut. Oli yang cair memiliki viskositas rendah dibandingkan dengan oli yang kental, karena memiliki viskositas tinggi.

Itulah beberapa istilah-istilah yang sering dijumpai dalam dunia otomotif mobil. Masih banyak istilah lainnya seperti coolant (pendingin), rem, electronic fuel injection, dual sequential ignition, drive by wire dll yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya.