Kenali Penyebab dan Gejala Rusaknya Rack Steer

( 06 ) Kenali Penyebab dan Gejala Rusaknya Rack Steer.jpg
( 06 ) Kenali Penyebab dan Gejala Rusaknya Rack Steer.jpg

press to zoom
( 06 ) Kenali Penyebab dan Gejala Rusaknya Rack Steer.jpg
( 06 ) Kenali Penyebab dan Gejala Rusaknya Rack Steer.jpg

press to zoom
1/1

29 Juli 2022

Di dalam mobil banyak sekali komponen-komponen bahkan ada beberapa komponen penting yang sensitif serta gampang rusak jika tidak diperhatikan kondisinya. Penyebab yang membuat rack steer mobil menjadi rusak adalah salah satunya saat kita sering mengendarai mobil ke jalanan yang rusak atau berlubang, memarkirkan kendaraan tidak pas pada posisi ban serta bisa jadi terdapat kerusakan pada power steering.


Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, bahwa kerusakan pada rack steer ini bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele. Karena kerusakan pada rack steer bisa mengancam keamanan serta kenyamanan saat berkendara.


Untuk berjaga-jaga dan dapat melakukan pencegahan sebelum rusak parah, berikut beberapa gejala saat rack steer mulai rusak :

1.  Kendali mobil bergetar

Saat kita berkendara dan tiba-tiba kendali pengemudi terhadap mobil menjadi hilang dan seperti bergerak dengan tidak stabil ke kanan ataupun kiri, ini juga menjadi gejala dari rusaknya rack steer. Apabila jika dibelokkan terasa getar atau oblak juga bisa menjadi gejalanya.

2.  Suara di bagian roda

Suara ini biasanya ditimbulkan di roda bagian depan. Suaranya seperti memekik atau berdengung saat ada di kecepatan rendah.

3.  Kebocoran pada seal

Hal ini biasanya terjadi pada mobil yang belum menggunakan EPS (Electronic Power Steering). Gejala rusaknya rack steer bisa dilihat dari rembesan oli di bagian seal. Seal ini berfungsi untuk menjaga kebocoran pada pelumas.

4.  Setir terasa berat

Saat mengemudi dan setir terasa berat terutama saat dibelokkan atau semisal saat menyetir dalam keadaan lurus namun tetap berat dan berbelok, ini juga menjadi salah satu gejala bahwa rack steer mobil kita rusak.


Itulah beberapa penyebab dan juga gejala agar mengatui rack steer kita rusak. Jika sudah coba memeriksanya sendiri, namun terjadi terjadi kerusakan atau tidak memahami bagaimana cara memeriksa dan memperbaiknya, Smart Drivers bisa membawanya ke cabang Jantrakakikaki terdekat ya untuk penanganan lebih lanjut dan akurat. Karena di Jantrakakikaki juga menawarkan paket rack steer/EPS dengan harga mulai 750k yang menyesuaikan merk dan tipe mobil Smart Drivers.