Kenali Gejalanya, Ini Ciri Bushing Mobil Rusak

( 11 ) Kenali Gejalanya, Ini Ciri Bushing Mobil Rusak.jpg
( 11 ) Kenali Gejalanya, Ini Ciri Bushing Mobil Rusak.jpg

press to zoom
( 11 ) Kenali Gejalanya, Ini Ciri Bushing Mobil Rusak.jpg
( 11 ) Kenali Gejalanya, Ini Ciri Bushing Mobil Rusak.jpg

press to zoom
1/1

16 Agustus 2022

Bushing adalah salah satu komponen kaki-kaki mobil yang berfungsi untuk menyeimbangkan suspensi mobil dan meredam getaran. Bushing memiliki ukuran yang kecil, berbentuk seperti tabung besi dan terdapat karet didalamnya. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, bushing ini memiliki peranan yang sangat penting. Maka dari itu penting sekali kita untuk menjaga kondisinya agar tetap bagus.


Smart Drivers juga perlu mengetahui tentang beberapa ciri dari bushing mobil yang rusak, agar dapat terus menjaga dan segera memperbaiki bushing yang terlanjur rusak. Ciri pertama adalah munculnya suara yang mengganggu. Suara ini biasanya ditimbulkan melalui bagian kabin mobil dan terdengar seperti suara gesekan saat melewati jalan berlubang atau rusak.


Ciri selanjutnya adalah karet bushing mulai retak yang menimbulkan bunyi berdecit di bagian depan jok mobil. Karet memiliki peranan penting bagi bushing, tanpa adanya karet maka bushing tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai peredam getaran. Selain itu, mobil yang tidak seimbang juga menjadi tanda bahwa bushing mobil rusak. Mobil yang tidak seimbang atau tidak stabil, biasanya bergerak di luar kendali dari sistem kemudi, sehingga bisa berbahaya untuk keselamatan. Contohnya, saat kita mengarahkan kemudi ke arah kanan, tapi mobil justru mengarah ke arah sebaliknya diluar kendali.


Itulah beberapa ciri-ciri dari bushing yang rusak. Yuk Smart Drivers coba periksakan komponen kaki-kaki mobil di workshop Jantrakakikaki. Di Jantrakakikaki, Smart Drivers juga bisa menikmati banyak paket pelayanan untuk merawat atau memperbaiki kaki-kaki mobil.