Kapan Mobil Membutuhkan Spooring & Balancing?

( 05 ) Kapan Mobil Membutuhkan Spooring dan Balancing.jpg
( 05 ) Kapan Mobil Membutuhkan Spooring dan Balancing.jpg

press to zoom
( 05 ) Kapan Mobil Membutuhkan Spooring dan Balancing.jpg
( 05 ) Kapan Mobil Membutuhkan Spooring dan Balancing.jpg

press to zoom
1/1

Posted on

26 Juli 2022

Spooring dan balancing sangat diperlukan untuk kebutuhan mobil kita. Spooring berfungsi untuk mengembalikan posisi roda-roda mobil agar kembali ke awal sesuai dengan setelah pabrik. Sedangkan balancing berfungsi untuk penyesuaian berat keseluruhan roda mobil. Biasanya, langkah pertama yang dilakukan adalah spooring terlebih dahulu, lalu dilanjutkan ke tahap balancing pada mobil.


Tidak cuma manusia, mobil pun juga perlu dipenuhi kebutuhannya loh Smart Drives. Salah satunya adalah dengan spooring dan balancing yang dapat memenuhi kebutuhan kendaraaan kita agar terus mempertahankan performanya.


Berikut adalah ciri-ciri kapan mobil membutuhkan spooring dan balancing :

1.  Setir mobil bergerak sendiri

Saat setir mobil mulai bergerak sendiri pada kecepatan 40 atau 50 km/jam serta arah kanan atau kiri tidak stabil, maka yang Smart Drivers butuhkan adalah spooring. Cara menentukan dengan muda kapan membutuhkan spooring, salah satu nya adalah melihat pada bagian setir. Karena bagian setir langsung berhubungan dengan roda dan perlu untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

2.  Getaran pada mobil

Jika Smart Drivers, merasakan adanya getaran pada saat mengendarai, maka yang dibutuhkan juga spooring. Biasanya hal ini bisa dilihat ketika kendaraan melaju semakin cepat, terutama saat berada di 100 km/jam. Getaran ini ditimbulkan dari bagian kabin. Setelah melakukan spooring untuk menyeimbangkan roda bagian kanan dan kiri, maka bisa dilanjutkan pada tahap balancing untuk melihat bagian mana yang tidak atau kurang seimbang.

3.  Kaki-kaki mobil rusak

Kaki-kaki mobil yang mengalami kerusakan juga bisa mempengaruhi untuk melakukan spooring dan balancing. Karena bagian komponen terluar yang langsung bersentuhan dengan tanah adalah kaki mobil. Kaki-kaki mobil yang tidak rusak dan masih terjaga kondisinya juga akan menambah kenyamanan serta keamanan saat berkendara.

4.  Ban miring

Saat berhenti atau memarkirkan mobil dan melihat bahwa ban terasa miring atau tidak sejajar juga menjadi salah satu ciri untuk melakukan spooring atau balancing. Hal ini diperlukan agar letak presisinya bisa dikembalikan seperti semula.

5.  Setir terasa berat

Selain kamu bisa melihat dari kondisi setir yang tidak stabil, setir yang terasa berat saat berkendara juga menjadi salah satu cara untuk melakukan spooring dan balancing.


Smart Drivers sekarang sudah tahu kan kapan mobil kita membutuhkan spooring dan juga balancing? Jika, Smart Drivers sudah memahami ciri-ciri diatas serta tepat waktu melakukan spooring dan balancing pada mobil, maka sudah pasti akan menambah kenyamanan dan keamanan saat Smart Drivers berkendara. Untuk Smart Drivers yang ingin melakukan spooring dan balancing, bisa langsung datang ke cabang Jantrakakikaki terdekat.