Kaki Kaki Mobil Berdecit? Ini Dia Alasannya

( 27 ) Kaki Kaki Mobil Berdecit Ini Dia Alasannya.jpg
( 27 ) Kaki Kaki Mobil Berdecit Ini Dia Alasannya.jpg

press to zoom
( 27 ) Kaki Kaki Mobil Berdecit Ini Dia Alasannya.jpg
( 27 ) Kaki Kaki Mobil Berdecit Ini Dia Alasannya.jpg

press to zoom
1/1

11 Oktober 2022

Selama mengendarai mobil, pernah gak sih Smart Driver merasakan ada salah satu komponen yang berdecit atau berbunyi dengan nyaring? Jika Smart Driver pernah mengalami hal ini, mungkin bisa jadi ada permasalahan pada kaki-kaki mobil. Komponen pada kaki-kaki mobil sudah dirancang untuk tidak mengeluarkan suara apapun, namun jika timbul suara aneh pada mobil terutama di bagian kaki-kakinya, maka Smart Driver perlu untuk memeriksakan komponen tersebut secara lebih detail dan mendalam.


Kemungkinan pertama adalah terjadi kerusakan pada bearing. Bearing yang rusak dapat berpengaruh pada roda atau ban mobil, sehingga mengeluarkan suara nyaring atau berdecit. Hal ini bisa diperiksa melalui ban mobil yang longgar saat diputar ataupun saat roda berputar ketika kendaraan sedang melaju.


Selain itu, bisa jadi terdapat kerusakan pada tie rod. Jika terjadi permasalahan atau kerusakan pada tie rod, maka Smart Driver perlu untuk mengganti komponen tersebut agar tetap memiliki kondisi yang baik dan tidak merusak komponen yang lain.


Tidak hanya itu saja, bunyi mobil berdecit ini bisa juga terjadi jika ada kerusakan pada ball joint, link stabilizer, atau shockbreaker. Shockbreaker adalah komponen suspensi yang berfungsi untuk meredam getaran maupun suara. Jika, shockbreaker rusak, maka kaki-kaki mobil juga otomatis akan menimbulkan suara atau bunyi yang nyaring. Tanda-tanda kerusakan pada ball joint adalah ketika kemudi kendaraan terasa berat dan terdapat suara kletek-kletek. Jika muncul gejala seperti itu, maka kamu perlu untuk melakukan pengecekkan lebih lanjut.


Itulah beberapa alasan mengapa kaki-kaki mobil berdecit. Jika Smart Driver menemukan permasalahan ini pada kaki-kaki mobil, Smart Driver dapat mempercayakannya kepada Jantrakakikaki. Dengan pengecekkan gratis, Smart Driver tidak perlu khawatir lagi akan permasalahan pada kaki-kaki mobil.