top of page

Kaki-Kaki Mobil Berbunyi? Ini Penyebabnya

( 51 ) Kaki-Kaki Mobil Berbunyi Ini Penyebabnya.jpg
( 51 ) Kaki-Kaki Mobil Berbunyi Ini Penyebabnya.jpg

press to zoom
( 51 ) Kaki-Kaki Mobil Berbunyi Ini Penyebabnya.jpg
( 51 ) Kaki-Kaki Mobil Berbunyi Ini Penyebabnya.jpg

press to zoom
1/1

6 Januari 2023

Bunyi-bunyian yang timbul pada mesin mobil biasanya menjadi salah satu tanda dan gejala adanya kerusakan pada komponen kaki-kaki mobil. Contohnya, jika ada bunyi gluduk-gluduk yang ada pada bagian ban mobil, maka terjadi kerusakan pada karet bushing arm yang sudah mulai menipis. Selain gluduk-gluduk, ada juga bunyi kletek-kletek yang terdengar ketika mobil melewati jalan berlubang, rusak atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi.


Berikut adalah penyebab lain dari kaki-kaki mobil yang berbunyi :

1. Tie Rod

Kerusakan pada long tie rod dapat berpengaruh pada tie rod, ball joint, hingga rack steer. Seluruh komponen ini berhubungan satu sama lain, maka dari itu jika terjadi kerusakan pada salah satu komponennya, maka komponen lain yang berhubungan juga akan terhambat kinerjanya. Bunyi yang timbul jika terjadi kerusakan long tie rod adalah timbulnya bunyi gluduk-gluduk dan sistem kemudi yang rusak.


2. Bushing Stabilizer

Penyebab kerusakan pada kaki-kaki mobil selanjutnya adalah longgarnya bushing stabilizer. Bushing stabilizer berfungsi untuk menahan getaran dari link stabilizer, agar nantinya tidak merambat ke komponen mobil lainnya. Jika bushing stabilizer mulai longgar, tips, dan rusak maka perlu untuk dilakukan penggantian. Bushing stabilizer bisa jadi mengalami kerusakan karena pemasangan baut pengikat yang kurang pas.


3. Shock Absorber

Shock absorber adalah komponen kaki-kaki yang jika mengalami kerusakan akan menimbulkan bunyi. Jika terdengar bunyi gluduk-gluduk pada kaki-kaki mobil, itu artinya Smart Driver perlu untuk melakukan pengecekan secara detail dan menyeluruh pada komponen kaki-kaki mobil, terutama bagian shock absorber. Cara melakukan pengecekan ringan dan cepat pada kerusakan shock absorber adalah dengan melaju dengan kecepatan sedang di jalan rusak atau tidak rata, jika terasa guncangan saat kendaraan melaju, itu berarti terjadi kerusakan pada shock absorber.


bottom of page