Ini nih Bedanya Spooring dengan Balancing

1/1

Posted on 

28 Mei 2021

Ban mobil menjadi komponen mobil yang riskan sebab berhubungan langsung dengan permukaan jalan saat melaju. Kestabilan dan kenyamanan saat berkendara amat tergantung dari setelan roda mobil.  Oleh karna itu, bagian roda dan kaki-kaki perlu diperhatikan lebih dengan melakukan spooring dan balancing.


Spooring dan Balancing dasarnya, dapat mengembalikan setelan roda seperti semula agar nyaman dikendalikan dalam kecepatan rendah maupun tinggi. Di sekitar 40 sampai 50 Km per jam, kalau setir mobil belok sendiri ke kanan atau ke kiri istilahnya lari sendiri itu perlu dilakukan spooring sedangkan balancing roda mobil dilakukan dengan menempel besi atau timah kecil pada titik yang perlu diseimbangkan.


Spooring dilakukan saat posisi setir tidak sama dengan posisi roda. dikarenakan terlalu sering melalui jalan berlubang di Jalan Raya, proses ini dilakukan dengan menyetel sudut camber dan sudut caster. Sebab saat posisinya melenceng terlalu jauh, mobil jadi lebih sulit untuk dikendalikan. 


Sementara itu, ban yang perlu di balancing dapat diketahui saat mobil berjalan dalam kecepatan tinggi. Misalnya saat kecepatan 100 Km per jam ada getaran yang terasa ke dalam kabin. “Getaran ini biasanya karena antara ban sebelah kanan dan kiri tidak seimbang, dengan mesin balancing dia akan membaca titik mana di bagian roda yang butuh diseimbangkan. Titik tersebut akan ditempel besi atau timah kecil sebagai penyelaras keseimbangan. Setelah ditempeli alat itu bobot roda pun seimbang, sehingga getaran yang timbul bisa hilang atau paling tidak diminimalisir.


Jadi jika kalian merasa ada gejala-gejala seperti di atas, segera lakukan Spooring & Balancing di workshop Jantrakakikaki terdapat juga paket kaki-kaki murah dan berGARANSI hingga 2 TAHUN.