EPS Rusak? Lihat Dulu Gejalanya

( 15 ) EPS Rusak Lihat Dulu Gejalanya.jpg
( 15 ) EPS Rusak Lihat Dulu Gejalanya.jpg

press to zoom
( 15 ) EPS Rusak Lihat Dulu Gejalanya.jpg
( 15 ) EPS Rusak Lihat Dulu Gejalanya.jpg

press to zoom
1/1

30 Agustus 2022

Bagi Smart Drivers yang masih awam dan tidak mengetahui apa sih EPS itu, ini dia penjelasannya. EPS atau Electronic Power Steering adalah sistem pada mobil, khususnya mobil terbaru atau modern, yang terdiri dari rangkaian mekatronika. Fungsinya adalah untuk membantu pengemudi sebagai pengendali arah kendaraan pada sistem steering. Hidrolik power steering menggunakan tenaga hidraulik, sedangkan EPS menggunakan tenaga motor listrik saat membantu mengendalikan kemudi.


Cara kerja EPS (Electronic Power Steering) adalah dengan mengendalikan perangkat listrik saat menggerakkan kemudi, sesuai dengan sudut putar dan kecepatan. Untuk memutarnya, EPS mendapat tegangan dari baterai aki, dan sistem power steering hidrolik akan mengandalkan putaran mesin untuk menggerakkan pompa agar menghasilkan power steering fluid tekanan tinggi. Nantinya akan diteruskan menuju rack steer yang tersambung dengan kedua sisi roda, sehingga kemudi yang digunakan akan terasa ringan.


Namun, jika dipakai terus menerus, terutama dengan kecepatan dan tekanan tinggi, maka EPS bisa jadi mengalami kerusakan. Gejala kerusakannya adalah sebagai berikut :

1. Cross Joint Steering Shaft

Saat cross joint steering shaft mengalami gangguan, biasanya ini terjadi karena adanya kerusakan pada komponen yang berfungsi sebagai penerus putaran dari EPS ke steering rack. Bisa jadi karena sambungan pada cross joint ini longgar yang menjadikan pergerakkannya tidak beraturan.

2.  Sensor EPS

EPS memiliki dua sensor, yaitu torque sensor sebagai pembaca besar putaran mesin ke roda, dan speed sensor untuk mengetahui kecepatan actual mobil dan bobot EPS. Jika kedua sensornya tidak berfungsi, maka EPS tidak akan berjalan dengan optimal.

3.  Modul EPS

Modul EPS bertugas untuk mengolah data sensor sudut putaran kemudi, dalam memerintahkan proses kerja sistem EPS. Jika dashboard tidak terdapat korsleting, maka modul EPS berkemungkinan kecil rusak.

4.  Gangguan EPS

Jika gangguan terjadi pada EPS yang bertugas untuk mengolah tenaga gerak, yang berasal dari listrik ini rusak, maka Smart Drivers jangan memasakkan kendaraan untuk bergerak. Smart Drivers bisa melindungi komponen ini dengan pelindung air dan pastikan komponen ini tetap bersih. Karena komponen ini letaknya berada di bagian bawah mobil yang rawan untuk terkena kotoran.


Jika Smart Drivers memiliki permasalahan pada EPS, Smart Drivers dapat membawanya ke workshop Jantrakakikaki. Untuk pengecekan, Smart Drivers tidak perlu membayar alias gratis. Selain itu, Jantrakakikaki juga menawarkan paket EPS atau rack steer, dengan harga mulai dari 750 ribu yang menentukan merk dan juga tipe mobil Smart Drivers. Yuk, tunggu apa lagi langsung datang ke workshop Jantrakakikaki terdekat ya!