Cara Agar Suspensi Mobil Tetap Nyaman

( 10 ) Cara Agar Suspensi Mobil Tetap Nyaman.jpg
( 10 ) Cara Agar Suspensi Mobil Tetap Nyaman.jpg

press to zoom
( 10 ) Cara Agar Suspensi Mobil Tetap Nyaman.jpg
( 10 ) Cara Agar Suspensi Mobil Tetap Nyaman.jpg

press to zoom
1/1

12 Agustus 2022

Suspensi adalah komponen mobil yang bisa meredam getaran saat mobil berjalan. Semakin baik kualitas dan kondisi suspensi, maka semakin nyaman dalam berkendara. 


Dengan pentingnya fungsi komponen satu ini, maka perlu untuk kita tetap jaga kondisinya, agar bisa berfungsi lebih optimal. Berikut cara menjaga suspensi  mobil agar tetap nyaman :

1.  Rute Perjalanan

Untuk Smart Drivers yang ini menjaga suspensi mobil agar tetap nyaman, lebih baik jangan terlalu sering melalui jalan yang rusak atau berlubang. Jika terus menerus melalui jalan rusak dan berlubang, maka akan berpengaruh pada usia pakai. Efek lainnya adalah elastisitas berkurang dan terjadi kebocoran oli shock breaker.

2.  Rem

Sama dengan melewati rute jalanan yang berlubang dan rusak, seringnya mengerem mendadak mobil juga membuat suspensi menjadi rusak.

3.  Kadaluarsa

Suspensi juga memiliki usia. Jika sudah terlalu lama digunakan, maka suspensi juga harus segera diganti. Hal ini bisa dilihat dari oli suspensi, jika sudah cair dan tidak kental, maka kita perlu menggantinya. Usia idealnya yaitu sekitar 5 tahun.

4.  Kotor

Suspensi yang kotor juga bisa mempengaruhi kondisinya. Biasanya jika suspensi penuh dengan debu atau lumpur dan tidak pernah dibersihkan, maka kita perlu untuk sering membersihkan, agar tidak mengalami kerusakan.

5.  Muatan

Selain berpengaruh pada as roda, muatan berlebih yang diangkut mobil juga berpengaruh pada kondisi suspensi. Jika muatan berlebih dipaksa untuk diangkut, maka mobil serta seluruh komponennya akan lebih bekerjakeras untuk menyesuaikan medan yang diangkut dan dilalui.


Jadi, yuk Smart Drivers kita lakukan pengecekan berkala atau rutin pada mobil kita supaya kondisi dan kualitasnya bekerja secara lebih optimal.