Bubut Disc Brake Buat Apa?

BUBUT.jpg
BUBUT.jpg

press to zoom
BUBUT.jpg
BUBUT.jpg

press to zoom
1/1

Posted on

21 Mei 2021

Pada saat melakukan pengereman, apakah merasakan getaran keras pada pedal rem atau pada kemudi? Jika terasa, bisa jadi piringan rem mobil Anda sudah bergelombang.

Piringan rem (disc brake) rentan sekali untuk bergelombang lantaran adanya tekanan dan suhu yang tinggi saat pengereman berlangsung. Hal tersebut diakibatkan gesekan antara kampas rem dan permukaan cakram.

Seiring pemakaian, piringan cakram akan bergelombang, khususnya bagi mobil yang telah menempuh jarak di atas 100 ribu km.

Berbeda dengan rem yang telah dilengkapi fitur ABS, getaran akibat cakram bergelombang terasa kasar dan disertai dengan kerja pengereman yang kurang menggigit.

Batasan ukuran ketebalan cakram yang bisa dibubut adalah minimal 5 mm. Jika kurang dari 5 mm akan terlalu berisiko. Selain itu, kedalaman gelombang permukaan cakram yang boleh dibubut adalah maksimal 0,5 mm. Jika ketebalan cakram dinilai terlalu tipis, tak ada opsi lain selain melakukan penggantian cakram.

Pengukuran tersebut bertujuan mencegah kinerja pengereman berkurang akibat ketebalan cakram yang terlalu tipis. Dampaknya, bukan hanya membuat jarak pengereman bertambah jauh, namun dapat membuat cakram rentan melengkung atau retak yang akan berpotensi mengakibatkan pengereman macet dan mengunci.

Untuk mengetahui kondisi permukaan rem cakram, disarankan untuk melakukan pengecekan setiap 5-10 ribu km. Pengecekan pada sistem pengereman dilakukan untuk mencegah gelombang pada permukaan cakram terlalu dalam.


Cara Membersihkan Cakram Cukup Dengan Tiupan?

Cakram merupakan komponen yang paling mudah kotor akibat timbunan debu sisa kampas rem. Jika dibiarkan, tak hanya membuat kerja rem tak optimal, juga bisa berpotensi menimbulkan baret pada permukaan cakram. Untuk itu, disarankan untuk membersihkan permukaan cakram setiap 10 ribu km atau saat servis berkala. Membersihkannya pun cukup dengan menyemprotkan udara bertekanan dari kompresor.

Jadi sebelum melakukan pembubutan pada cakram, cek terlebih dahulu batas minimal melaku kan pembubutan, segera lakukan pengecekan di www.jantrakakikaki.com standart bengkel resmi, harga lebih hemat.