As Roda Patah? Jangan Khawatir, Ini Ciri-Cirinya

( 09 ) As Roda Patah Jangan Khawatir, Ini Ciri-Cirinya.jpg
( 09 ) As Roda Patah Jangan Khawatir, Ini Ciri-Cirinya.jpg

press to zoom
( 09 ) As Roda Patah Jangan Khawatir, Ini Ciri-Cirinya.jpg
( 09 ) As Roda Patah Jangan Khawatir, Ini Ciri-Cirinya.jpg

press to zoom
1/1

9 Agustus 2022

Smart Drivers sering khawatir gak sih kalau as roda jadi patah? Sebenarnya ada beberapa cara supaya kita mengetahui gimana ciri-ciri as roda yang patah, supaya bisa segera diperbaiki. Sebelumnya, mari kita membahas tentang apa sih as roda itu dan juga fungsinya.


As roda adalah pusat atau sumbu dari suatu roda. As roda ini dilengkapi dengan bantalan agar putarannya menjadi licin serta dilengkapi perangkat untuk meredam kejutan dikenal sebagai shock absorber atau suspensi. Fungsi dari as roda adalah untuk menjalankan kendaraan, menghentikan kendaraan, dan mengendalikan arah jalan kendaraan.


As roda terhubung dengan mesin penggerak kendaraan agar tetap berjalan. Selain itu juga terhubung dengan perangkat rem yang nantinya dihubungkan kembali dengan mekanisme as roda, supaya kendaraan bisa berhenti. Dan terakhir, untuk mengendalikan arah jalan, as roda bergerak melalui setir dan sistem kemudi.


Nah, lalu bagaimana sih caranya mengetahui as roda yang patah? Ini dia ciri-cirinya :

1.  Bunyi

Cara mendeteksi as roda yang patah, terdapat pada bunyi ‘tek-tek’ saat berkendara atau saat berbelok. Selain bisa mendeteksi as roda patah, jika timbul bunyi tersebut disebabkan oleh karet boot yang melar atau mengering. Karet boot juga dapat mengalami kerobekan dan berakibat pada masuknya air. Lama kelamaan juga bisa menghilangkan grease atau pelumas pada bearing.

2.  Beban

Dengan terlalu banyaknya beban dan juga muatan yang dibawa oleh kendaraan, juga bisa menjadi salah satu penyebab sekaligus ciri-ciri as roda mobil rusak. Jika, kita mengangkut terlalu banyak beban atau muatan, maka kita juga harus tetap waspada jika sewaktu-waktu as roda rusak dan perlu untuk diperbaiki.


Ternyata gak cuma manusia aja yang perlu dirawat, tapi mobil kita juga harus dirawat. Yuk, lebih memperhatikan kebutuhan dan kondisi mobil kita ya Smart Drivers.