Apa Sih Arti Coolant, Rem, EFI, I-DSI, dan DBW?

( 02 ) Apa Sih Arti Coolant, Rem, EFI, I-DSI, dan DBW.jpg
( 02 ) Apa Sih Arti Coolant, Rem, EFI, I-DSI, dan DBW.jpg

press to zoom
( 02 ) Apa Sih Arti Coolant, Rem, EFI, I-DSI, dan DBW.jpg
( 02 ) Apa Sih Arti Coolant, Rem, EFI, I-DSI, dan DBW.jpg

press to zoom
1/1

15 Juli 2022

Untuk Smart Drivers yang sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul “Mengenal Istilah-Istilah Pada Mobil” pasti sudah tidak asing dengan beberapa istilah-istilah pada mobil yang sudah dibahas pada artikel tersebut. Pada artikel ini kita akan kembali membahas istilah-istilah pada mobil yang mungkin Smart Drives awam saat mendengarnya.

1.  Coolant (Pendingin)

Coolant atau pendingin pada mobil berfungsi untuk menyerap panas dan mencegah korosi atau karat pada material logam. Perbedaan antara coolant dan juga AC pada mobil biasanya adalah karena coolant memiliki titik didih lebih tinggi dari air biasa, sehingga lebih baik untuk menyerap panas. Coolant harus sering diganti agar tidak menyebabkan kebocoran dan merusak sistem pendingin mobil.

2.  Rem

Rem berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan saat melaju. Rem dibagi menjadi dua jenis yaitu rem tangan dan rem kaki. Masing-masing rem digunakan oleh pengendara sesuai kebutuhan. Contohnya seperti saat melewati tanjakan serta turunan atau saat sedang parker, maka pengemudi perlu menggunakan rem tangan. Untuk rem kaki digunakan sewaktu mengontrol atau saat ingin menghentikan mobil.

3.  EFI (Electronic Fuel Injection)

Electronic Fuel Injection atau yang disingkat EFI adalah sistem penyemprotan bahan bakar yang proses kerjanya dikontrol secara elektronik. EFI biasanya bekerja berdasarkan perintah dari ECU (Electronic Control Unit). Yang ibaratnya, ECU yang menentukan berapa banyak bahan bakar yang diperlukan untuk injeksi.

4.  I-DSI

I-DSI adalah kepanjangan dari Intelegent Dual Sequential Ignition yaitu yang menyertakan dua busi sekaligus dalam satu silinder. Seperti saat ada dua busi yang letaknya berseberangan di dalam satu silinder teknologi I-DSI atau Intelegent Dual Sequential ini akan menghasilkan hasil pembakaran yang rata.

5.  DBW

Drive by Wire atau DBW biasanya disebut juga sebagai TAC (Throtle Actuator Control) adalah

teknologi yang dibuat untuk menggantikan penggunaan kawat gas menjadi elektrik. Hampir semua mobil modern memiliki sistem DBW ini. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan sebuah motor yang terletak di throtle body, lalu akan membuka serta menutup katup gas dan akhirnya pangkal pedal gas akan ditemukan APP sensor. APP Sensor berguna untuk mendeteksi jumlah sudut penekanan pedal dan dikirim ke ECM untuk membuka katup gas sesuai yang sudah di input.

Ini lah beberapa istilah-istilah pada mobil yang perlu kalian ketahui, Smart Drivers. Sampai berjumpa di artikel lainnya.