Apa Aja Sih Kaki Kaki Mobil Itu?

1/1

Posted on 

24 Mei 2021

     Kaki kaki mobil merupakan salah satu bagian yang cukup penting untuk membuat perjalanan kalian terasa lebih nyaman dan aman. Dan umumnya kaki-kaki mobil sendiri terdiri dari beberapa komponen lain yang saling terhubung. Dan berikut adalah beberapa komponen kaki kaki mobil beserta fungsinya:


Roda Mobil

     Roda atau ban mobil merupakan komponen kaki kaki mobil yang memiliki peranan utama pada kendaraan. Roda sendiri menjadi bagian yang mungkin paling mudah dilihat, dan apapun jenis kendaraan pasti memiliki roda. Adapun beberapa fungsi roda atau ban pada sebuah mobil yaitu sebagai :

  • Penahan seluruh berat kendaraan.

  • Bantalan yang menghubungkan langsung antara permukaan jalan dan juga kendaraan.

  • Menjadi pengatur kenyamanan laju kendaraan pada saat berada pada permukaan jalan yang tidak rata.


Suspensi

     Fungsi utama dari shockbreaker yaitu sebagai peredam kejut atau getaran yang terjadi pada saat kendaraan melewati permukaan jalan yang tidak rata sehingga membuat pengemudi dan penumpang dapat lebih nyaman.

     Letak dari suspensi atau shockbreaker sendiri terletak di antara roda dan juga rangka bodi mobil. Sementara itu shockbreaker atau suspensi juga dibuat dan digunakan sesuai dengan jenis kendaraan, karena pada teknik otomotif sendiri terdapat berbagai macam jenis suspensi pada kendaraan seperti rigid dan juga independent.


Ball Joint

     Komponen Ball Joint memiliki fungsi sebagai sumbu roda ketika saat kendaraan akan berbelok. Selain itu fungsi Ball Joint pada mobil adalah sebagai penghubung antar knuckle roda dengan sayap atau arm.

     Dengan begitu komponen Ball Joint ini bisa dibilang merupakan komponen yang cukup vital jika terjadi kerusakan, karena bisa menyebabkan bunyi-bunyi yang tidak diinginkan seperti gludug-gludug saat mobil berjalan. Terutama ketika melewati jalan yang tidak rata.


Bushing

     Bushing merupakan komponen yang terbuat dari karet yang memiliki fungsi utama untuk meredam getaran ketika mobil berjalan agar tidak mengganggu komponen bagian lainnya. Dan pada umumnya bushing terdiri dari dua jenis, yaitu:

  1. Bushing Arm
    Bushing Arm merupakan komponen kaki kaki mobil yang berbentuk selongsong besi namun sudah dilengkapi dengan adanya karet. Yang dimana fungsi dari Bushing Arm adalah sebagai titik tumpu dari roda dengan lengan pencengramannya serta sebagai peredam getaran pada bagian sambungan antara komponen suspensi yang terbuat dari bahan logam.

  2. Bushing Stabiliser
    Lalu jenis Bushing pada mobil yang selanjutnya adalah Bushing Stabiliser. Fungsi utama dari komponen kaki kaki mobil yang satu ini tidaklah jauh berbeda dengan bushing arm. Hanya saja komponen ini terletan dibagian link stabilizer yang akan menjadi penyeimbang suspensi kanan dan suspensi kiri. Jika terjadi masalah pada komponen ini biasanya akan terdengar suara gemuruh saat mobil di rem.


Bearing (Laher)

     Selain diatas, ada juga komponen kaki kaki mobil bernama Bearing atau yang sering disebut masyarakat dengan nama Laher. Seperti yang kita semua ketahui Bearing pada kaki kaki mobil merupakan komponen yang berfungsi sebagai bantalan pada roda.

     Yang dimana komponen ini sangat berpengaruh pada putaran roda dan juga kesetabilan laju kendaraan. Bahkan biasanya jika komponen ini rusak akan membuat mobil bunyi kletek-kletek pada bagian roda. Yang tentu saja akan menyebabkan perjalanan tidak akan terasa nyaman.


Tie Rod

     Dan komponen kaki-kaki mobil yang terakhir adalah Tie Rod. Komponen ini merupakan komponen yang langsung berhubungan dengan sistem setir mobil. Dimana komponen ini akan bisa membuat mobil bisa bergerak ke arah kanan dan ke arah kiri sesuai dengan pengendalian kemudi.

     Jika terjadi kerusakan pada bagian Tie Rod mobil, tentu saja hal yang akan terganggung paling awal adalah sistem kemudi yang akan bisa dirasakan oleh pengemudi. Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang komponen ini, silahkan kalian baca artikel mengenai fungsi Tie Rod mobil yang sudah kami bagikan sebelumnya.